Review Buku: Kitab Writerpreneur (Jangan Takut Jadi Penulis) - Sofie Beatrix



Judul: Kitab Writerpreneur (Jangan Takut Jadi Penulis)

Penulis: Sofie Beatrix

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: Cetakan kedua, 2015

Tebal: 168 halaman





Buku ini pernah terbit tahun 2011 lalu dan terbit kembali tahun 2015 dengan tambahan label “Edisi Baru: Lolos Uji di Dapur Kelab Penulis Muda” di kover depan. Terus terang aku tertarik membaca buku ini karena Sofie Beatrix yang selain berprofesi sebagai penulis, juga aktif sebagai konsultan penulis dan mendirikan agency penulisan sendiri, bernama Asa Media. Penulis telah melahirkan lebih dari 70 buku yang sebagian besar merupakan bestseller. Buku-buku yang ditulis Sofie Beatrix juga beragam, mulai dari buku anak hingga buku tentang fashion muslimah. Menurutku beberapa hal di atas dapat menjadi alasan yang cukup kuat untuk memilih membaca buku ini. 

Sumber: http://www.dwibcc.org/2016/04/sofie-beatrix.html

Aku penasaran bagaimana seseorang yang terbilang cukup sukses sebagai penulis dan konsultan dapat memaparkan ilmu serta teknik-teknik kepenulisan yang dikuasainya dalam sebuah buku yang cukup tipis. Sebelum membaca ‘Kitab Writerpreneur’, aku baru saja menamatkan buku lain dengan tema yang serupa namun tidak cukup puas dengan isinya. Untungnya buku ini menawarkan beberapa kelebihan dan konsep yang berbeda sehingga aku merasa cukup beruntung membacanya.


Dalam buku ini terdapat dua belas bab yang masing-masing mengusung fokus yang berbeda. Empat bab awal khusus dibuat penulis agar pembaca dapat mempersiapkan diri dan amunisi yang cukup sebelum memutuskan untuk mulai menulis. 


Kita mengalami perjalanan yang sama untuk menghadirkan sebuah karya. Hanya ada sedikit perbedaan antara saya dan Anda. Namun, perbedaan itu tidak menunjukkan bahwa saya lebih hebat dan pandai daripada Anda, melainkan bahwa saya sudah memulai terlebih dahulu dan berlatih lebih banyak.” – Hal. 13


Penulis terlihat cukup memahami kebutuhan para penulis pemula. Pada salah satu bab penulis menuntut pembaca yang memang memiliki niat menghasilkan karya, agar membuat perencanaan menulis yang matang hingga perkiraan waktu tulisan tersebut dapat selesai. Sangat penting bagi penulis untuk menentukan deadline bagi tulisannya sendiri agar mereka terlatih disiplin dalam menyelesaikan karya.


Bahkan pada bab 4 ada latihan khusus yang dapat mengarahkan pembaca untuk menilai diri sendiri apakah ia lebih mahir menulis buku fiksi atau nonfiksi. Delapan bab selanjutnya dilanjutkan dengan langkah-langkah menulis secara umum, penulisan sinopsis, pemilihan judul, kiat menembus penerbit, kelengkapan naskah hingga cara-cara yang perlu dilakukan agar buku bisa menjadi laris atau bestseller


Hampir di tiap akhir bab terdapat semacam tantangan yang diberikan penulis sehingga pembaca dapat langsung menerapkan teknik dan kiat-kiat yang diperolehnya di bab tersebut. Bahkan, penulis telah memberikan saran “Cara Menerapkan Isi Buku Ini” di halaman awal bahwa agar pembaca dapat ‘benar-benar’ menghasilkan tulisan setelah menuntaskan buku ini, ia harus memenuhi tantangan-tantangan yang ada di tiap babnya. Sebab teknik kepenulisan betapapun seringnya dipelajari, apabila tidak dipraktekkan secara langsung tidak akan menghasilkan apa-apa. 


Aku juga menyukai contoh-contoh konkret berupa perbandingan contoh tulisan yang dilampirkan penulis untuk mendukung kiat-kiat yang diberikan. Beberapa contoh tersebut berasal dari tulisan beberapa penulis yang berhasil menerbitkan tulisannya melalui agensi kepenulisan milik penulis sendiri. Bahkan di bagian akhir juga terdapat contoh CV dan surat pengantar yang menarik dan dapat membantu penulis memperkenalkan diri dengan baik pada editor.


Surat pengantar ini seperti surat rayuan yang bisa membuat editor mau membaca sinopsis yang dilampirkan. Isi surat ini adalah pernyataan pengajuan naskah kita, sekilas profil diri plus nilai market buku kita.” – Hal 146 


Setelah membaca keseluruhan isi buku, aku bisa menarik kesimpulan bahwa buku ini lebih diprioritaskan untuk orang-orang yang ingin memulai tulisan pertamanya. Pembahasannya sederhana dan mudah diikuti. Bab-bab yang ada cukup lengkap untuk mendukung tujuan tersebut. Dengan kemampuan penulis yang mumpuni di bidangnya, beliau tahu persis apa yang selalu menjadi kendala penulis pemula ketika mulai berniat menghasilkan  karya. 


Jadi untuk kalian yang bercita-cita menyelesaikan tulisan pertama dan menerbitkannya dalam bentuk buku, buku ini boleh banget dikoleksi.

0 Responses